nontonki : THE INSIDE MAN


Pertama kali nonton film ini (skitar 3-4 taon yg lalu... wuihhh udah lama jg yah..)
Film ini adalah salah satu film heist terbaik yang pernah saya nikmati selama bertahun-tahun. Digarap dengan serius ditambah berbagai intrik di sana-sini dalam jalan ceritanya membuat saya berusaha menebak-nebak sepanjang film mengenai arah ceritanya (dan ini adalah satu dari sedikit film yang plintiran filmnya membuat saya tertipu). Plot yang menarik ini diperkuat juga dengan permainan ketiga aktornya yang padu. Beberapa kali ketiga aktor utama film ini saling beradu akting dan menampilkan performa yang kuat. Washington dan Foster, Foster dan Owen, Owen dan Washington diberi kesempatan yang sama untuk saling menunjukkan kualitas aktingnya (Foster sedikit kecil tetapi tetap mampu mencuri perhatian tiap diberi kesempatan). Satu-satunya yang saya sayangkan hanya Dafoe yang perannya terbilang minim bahkan untuk disebut sekedar sebagai peran pembantu.


Kendati demikian, Inside Man bukannya tidak memiliki kelemahan, menurut saya pace cerita yang bergerak terlalu lambat dan sedikitnya adegan action yang ada. Mereka yang terbiasa dengan adegan laga atau rencana heist sinting-sintingan ala Ocean Eleven misalnya, mungkin akan kecewa melihat heist dalam film ini yang berkesan sangat sederhana (namun di mata saya sekaligus membuatnya terlihat real). Akhir kata, film ini bukan untuk dinikmati oleh semua orang. Bagi kalian yang menggemari film yang memerlukan otak anda untuk berpikir niscaya akan menggemari film ini.
ada beberapa catatan:
- peran jodie foster di film ini keknya dikit banget dan gak terlaliu significant, mungkin cuma buat ngangkat popularitas film ini aja kali
- ada sempilan pesan moral ttg pengaruh game console buat anak-anak
- i-pod pun ikutan jadi aktor di film ini :P
- dan sepertinya dunia film hollywood udeh kepangaruh sama bollywood... ditandain dengan adanya pemutaran lagu bernuansa india di awal dan di akhir film...haha...

Komentar