Kisah malam minggu... dan malam-malam lainnya...

Mereka bertujuh....
Mereka bersaudara....
Mereka berbagi....
Terkadang....
Mereka saling cemburu....
Mereka juga bertengkar....




MALAM MINGGU duduk sambil membenarkan rambutnya, momen seperti ini sudah tidak jarang terjadi, sibungsu ini hanya diam, tanpa ekspresi... Sesekali ia menatap keenam saudaranya yang berbicara kepadanya, waktu-waktu seperti ini sungguh sangat dibencinya.

MLM SENIN : sungguh enak menjadi dirimu, lihatlah aku, hampir semua manusia gelisah akan kedatanganku. Para ibu harus menyetrika pakaian anaknya untuk upacara esok, mahasiswa-mahasiswa itu kembali mengerjakan tugasnya sambil mengerutu... mereka harus kembali menghadapi busuknya kemacetan... semuanya mengumpat, cih!

MLM SELASA, RABU & KAMIS...  mereka tidak berkata, namun tatapan sinis mereka kepada si bungsu menggambarkan murka  tak tertahankan. Nasib mereka tak lebih baik dari kakak tertua mereka, MLM SENIN.

MLM SENIN : aku tak tahu, tapi kau terlalu sepesial untuk mereka. Mereka selalu berpesta menyambut kedatanganmu. Mereka bercinta, mereka tertawa, mereka berbahagia. Engkau bahkan menghibur kesendirian para jomblo dengan siaran sepak bola. Lihatlah betapa licik dirimu...!!!

MLM JUMAT duduk dipojok ruangan, memainkan jemarinya, dia tak pernah mampu berkata.  Percayalah, kau takkan pernah ingin menjadi MLM JUMAT. Ia menanggung penderitaan yang begitu berat, lebih berat dibanding yang lain. Tidak sedikit manusia yang takut akan kedatangannya, dan sialnya, tiap pekan ia pasti datang.  Sepertinya MLM JUMAT lahir hanya untuk para hantu.



MLM SABTU : sudahlah kak, ini bukan salahnya, kita lahir dengan masing-masing peran kita...

MLM SENIN : Diam kau..!!! Kau sama saja sepertinya... licik!!!  Tengoklah MLM JUMAT, tidakkah kau kasihan melihatnya, semua keberuntungannya habis diambil oleh silicik itu.

MLM MINGGU menatap kakaknya MLM JUMAT, dia begitu iba... namun tak ada yang bisa ia lakukan. Kali ini ia pasrah menerima cacian para saudaranya.

Tiba-tiba pintu kamar terbuka, ayah mereka masuk.

AYAH PEKAN : apalagi ini...

MLM SENIN bersama dengan SI KEMBAR TIGA MLM SELASA RABU KAMIS membuang muka. Kehadiran ayah mereka ternyata cukup menganggu baginya.

AYAH PEKAN : ayah sudah membagi tugas kalian dimalam yang spesial untuk tahun ini.. dengarkanlah.

AYAH PEKAN: MLM KAMIS dan MLM RABU, ada 6 tanggal merah untuk kalian ditahun ini, bersenang-senanglah... itu sangat banyak...

AYAH PEKAN : Ini kejutan untukmu, Final Piala Dunia akan disiarkan MLM SELASA, akan banyak pesta disana.

SI KEMBAR TIGA melompat kegirangan. Tahun ini begitu spesial untuk mereka

AYAH PEKAN : MLM SENIN, bersediakah kau untuk malam tahun baru...?

MLM SENIN tersentak... tangannya terkepal... dadanya  menggebu membayangkan senyum para manusia menghitung mundur untuk melihat kembang api tahun baru... Dia bahagia... sangat bahagia

MLM SENIN : dengan senang hati ayah...

AYAH PEKAN : bagus... kupercayakan padamu, lalu untuk malam natal, sepertinya akan cocok untukmu MLM JUMAT

Tubuh MLM JUMAT bergetar... Ia tak percaya... bagaimana mungkin... sudah lama sekali ia tak melakukannya. Ia meneteskan air mata... Air mata bahagia tentu saja.

AYAH PEKAN : MLM MINGGU, idul fitri datang lebih cepat. Malam takbiran kali ini milikmu...

MLM MUNGGU : Trimakasih ayah, tapi jika boleh meminta, bisakah malam takbiran kali ini untuk MLM JUMAT saja. Saya kira cukup menarik 2 agama besar merayakan hari kemenangannya di MLM JUMAT.

Para saudaranya terkejut. Namun AYAH PEKAN tersenyum.

AYAH PEKAN : baiklah 2hari besar untukmu MLM JUMAT, kau akan sangat sibuk tahun ini...
MLM JUMAT memandang si bungsu, pandangan penuh arti. MLM MINGGU mendekatinya dan menghapus sisa air matanya. Kini mereka saling senyum.

AYAH PEKAN : MLM SABTU, seseorang yang penting akan lahir pada saat kau bekerja... kelak ia akan menjadi tokoh dunia... bekerjalah dengan baik

MLM SABTU mengangguk.

AYAH PEKAN : baiklah, ini cukup, Ayah lelah. Banyak hal buruk terjadi pekan ini. Ayah akan istirahat. MLM MINGGU.. istirahatlah, besok kau harus bekerja.

MLM MINGGU : ayah, bisakah kau meminta hujan turun besok malam, Malam minggu besok saya ingin sedikit renggang dan pergi bersama para kakak melihat sunset...

AYAH PEKAN : yah baiklah, nampaknya MLM MINGGU kali ini sedikit suram untuk manusia, terutama mereka yang memiliki pasangan.


mereka bertujuh...
mereka bersaudara...
apapun yang terjadi....
mereka bersaudara....

_________________________________________________________________________________

Sesekali berhentilah men-spesialkan malam minggu, tanpa kau sadari, secara tidak langsung kau membuat alasan agar malam minggu kembali dicaci oleh para kakaknya.
Sesekali ajaklah juga pacarmu keluar selain malam minggu. Beri mereka surprise.. malam jumat misalnya ^^
Berhentilah juga mengumpat di hari senin... SI Sulung sudah bekerja keras untuk hadir untukmu.

Komentar

  1. He-he, untuk orang yang hari Minggu masih bekerja — seperti saya, hari Sabtu sama istimewanya dengan hari lain. Lagipula, Sabtu adalah hari kesukaanku, selain Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Minggu. Salam =).

    BalasHapus
  2. makasih kanda Rafael Yanuar si pekerja di hari minggu.... sudah jalan2 ^^

    BalasHapus
  3. Wow... Suka sekali tulisan ini..
    Btw, bagi saya tak ada malam minggu..
    Yg ada sabtu malam
    :-)

    BalasHapus
  4. dear lelaki bugis: sabtu malam??? klise skali :p ... but trimakasih sudah berkunjung dan berkomentar :)

    BalasHapus

Posting Komentar